Kamis, 04 Maret 2010

Apa itu METODOLOGI dan DESAIN RISET

Metode Riset dapat dibagi atas:

1.Penelitian Dasar atau murni
Jenis penelitian ini bertujuan untuk pengujian atau untuk membentuk teori baru yang bukan untuk menerapkan hasil-hasil temuannya.

2.Penelitian Terapan atau Pengembangan
Jenis penelitian ini melakukan penerapan teori dalam rangka memecahkan suatu masalah dan melakukan pengujian teori untuk menilai kegunaan teori itu sendiri.Salah satu kegiatan penelitian terapan ini adalah apa yang disebut Penelitian Tindakan yang mencari dan mengidentifikasi masalah lokal untuk menggeneralisasikan hasilnya.

B.METODE SEJARAH

Secara umum sejarah meliputi pengalaman masa lalu yang mrnggambarkan secara kritis seluruh kebenaran kejadian atau fakta untuk membantu mengetahui apa yang harus dikerjakan sekarang dan masa yang akan datang .Riset sejarah menghendaki data yang bersumber dari data primer yaitu dokumen dan peninggalan ,Sumber data sekunder dapat dipakai bila data primer tidak ditemukan.

C.METODE DESKRIPTIF

Menurut Travers(1978),metode deskriptif bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat riset dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu.
Menurut Consuelo (1988),riset dengan metode deskriptif terdiri dari beberapa macam yaitu:

1.Studi Kasus
Merupakan penelitian yang rinci mengenai suatu objek tertentu dengan cukup mendalam dan menyeluruh termasuk lingkungan dan kondisi masa lalunya.

2.Survei
Survei digunakan untuk mengukur gejala-gejala yang ada tanpa menyelidiki kenapa gejala tersebut ada,sehingga tidak perlu memperhitungkan hubungan antara variabel-variabel karena metode ini hanya menggunakan data yang ada untuk pemecahan masalah daripada pengujian hipotesis.

3.Riset Pengembangan
Penelitian ini berguna untuk memperoleh informasi tentang pengembangan suatu objek tertentu dalam jangka waktu tertentu.Ada dua cara yang saling melengkapi dalam melakukan penelitian pengembangan ini yaitu:
-Metode Longitudinal
-Metode Cross-sectional

4.Riset Lanjutan
Riset ini dilakukan bila peneliti hendak mengetahui perkembangan lanjutan dari subyek setelah diberi perlakuan tertentu.

5.Riset Dokumen
Metode yang dipakai peneliti untuk meliputi pengumpulan data dan informasi melalui pengujian arsip dan dokumen.

6.Riset Kecendrungan
Metode yang bertujuan melihat kondisi yang akan datang dengan melakukan proyeksi.

7.Riset Korelasi
Penelitian yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel yang berbeda dalamsuatu populasi.

D.METODE EKSPERIMEN

Merupakan langkah-langkah lengkap yang diambil sebelum eksperimen dilakukan agar data yang semestinya diperlukan dapat diperoleh sehingga analisis menjadi objektif.
Aray(1972)meringkas konsep eksperimen kedalam 3 karakteristik,bahwa:
-Variabel bebas adalah variabel yang dimanipulasi.
-Semua variabel,kecuali variabel terikat,adalah konstan.
-Pengaruh pemanipulasian variabel bebas atas variabel terikat dapat diamati atau diukur.

F.METODE PARTISIPATORIS

Riset yang menyangkut kehidupan manusia harus dicari metodenya yang lebih cepat.Metode ini memiliki beberapa prinsip yang harus dipenuhi,antara lain mempunyai implikasi ideologis,memberikan manfaat langsung kepada masyarakat,melibatkan semua partisipan yang terlibat dalam riset.

G.DESAIN RISET

Merupakan semua proses yang diperlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian yang ciri-cirinya adalah:
1.Desain dalam merencanakan penelitian.
2.Desain dalam melaksanakan penelitian.
-Disain Sample
-Desain Instrumen
-Desain Analisis
-Disain Administrasi

H.JENIS DESAIN RISET

Pengelompokan disain riset yang lengkap dan menyeluruh tampaknya belum ada ,hal ini dapat dilihat dari macam-macamnyapendapat para ahli tentang jenis-jenis desain yang ditemukan.

1.Desain Eksploratori
Biasanya suaru risetdilaksanakan dalam rangka menguji hipotesis-hipotesis berdasarkan data masa lampau atau teori yang ada.

2.Desain Deskriptif
Desain yang bertujuan untuk menguraikan sifat suatu fenomena tertentu.Desain ini hanya mengumpulkan fakta dan menguraikannya secara menyeluruh dan teliti sesuai dengan persoalan yang akan dipecahkan.

3.Desain Kausal
Desain ini berguna untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dangan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya.



sumber:Drs.Husein Umar,S.E,M.M.,MBA( Riset Akuntansi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar